Tips Meredakan Rasa Nyeri Saat Kontraksi


Anda sedang hamil?? Pastikan anda dan janin anda sehat. Ikuti petunjuk dari ahlinya dokter Riyani Limoa, SpOG. Info Selengkapnya »»

Tips Meredakan Rasa Nyeri Saat Kontraksi

Waktu melahirkan bagi ibu hamil biasanya ditandai dengan terjadinya kontraksi. Beberapa ibu hamil juga sering merasakan yang disebut kontraksi palsu atau Braxton Hicks, yaitu dimana ibu hamil akan merasakan rahimnya mengencang dan mengendur secara bergantian, rasanya sama seperti ketika anda sedang mengalami menstruasi hanya saja intensitas dan frekuensi kontraksi akan lebih lama dan lebih kuat pada ibu hamil yang akan menjalani proses melahirkan.

Kontraksi inilah yang bisa membuat perasaan ibu hamil jadi tidak nyaman, gugup dan cemas, terlebih lagi bila ibu hamil tersebut baru merasakan akan melahirkan untuk pertama kalinya. Agar rasa nyeri saat kontraksi berkurang atau mereda para ibu hamil bisa mengikuti "Tips Meredakan Rasa  Nyeri Saat Kontraksi" berikut ini.

Pertama : Berendam Dengan Air Hangat

Berendam dalam air hangat saat akan melahirkan terbukti sangat efektif untuk meredakan rasa nyeri saat kontraksi, karena pada posisi tersebut tubuh anda menjadi rileks, sehingga otot-otot tubuh akan mengendur oleh hangatnya air. Bila rumah sakit tempat anda melahirkan terdapat bathtub, cobalah gunakan bathtub tersebut,kemudian sirami perut anda dengan air hangat secara lembut dan perlahan dengan menggunakan  shower, karena tekanan lembutnya mampu memberikan efek nyaman pada rasa nyeri akibat kontraksi di bagian punggung bawah.


Saat merasakan kesakitan menjelang akan melahirkan, ibu hamil sering merintih dan mengeluarkan suara. Usahakan agar pundak dalam posisi rileks kemudian buatlah suara rendah tapi dalam agar nafas ibu hamil lebih ringan dan otot-otot panggul yang menegang menjadi mengendur. Bernyanyi, berhitung dan mengulang kata-kata dari bahan bacaan dapat juga dilakukan, ini bertujuan untuk mengalihkan si ibu tersebut dari rasa nyeri.


Melakukan aktivitas yang searah dengan gravitasi bumi akan membantu meredakan rasa nyeri saat terjadinya kontraksi. misalnya seperti membuka panggul sambil duduk santai dengan bersandar pada dinding atau suami anda. Cara ini sangat dikenal dikalangan ibu hamil, karena bisa mencegah adanya intervensi lain yang mungkin terjadi. Tetapi biasanya dokter akan melarang ibu hamil melakukan tindaan yang terlalu sering karena akan membahayakan keadaan janin yang ada di dalam kandungannya.


Banyak kasus terjadi pada ibu hamil ketika mereka hendak melahirkan sampai saat tiba waktunya melahirkan tidak didampingi oleh seorangpun. Suami, orang tua, atau kerabat perempuan seharusnya bisa diajak untuk menemani pada saat anda sedang menjalani proses melahirkan, karena bagaimanapun anda membutuhkan mereka untuk mendengarkan keluhan anda saat akan melahirkan. Petugas medis biasanya tidak ikut menemani karena banyak pasien yang harus mereka tangani. Bila ibu hamil sudah merasa nyaman dan aman secara otomatis bebannya ketika akan melahirkan akan berkurang dan pada saat terjadi kontraksi rasa nyeri yang timbul akan mereda. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk menentukan dimana tempat untuk bersalin dan siapa yang akan menemaninya.


Pijatan bisa meredakan rasa nyeri yang anda rasakan. Cara memijat yang benar yaitu dengan mengarah ke bawah dan melakukan tekanan pada posisi yang sama dan lembut. Mintalah pada suami untuk memijat di bagian punggung dan pinggul, sedangkan anda berada pada posisi duduk releks sambil memeluk bantal. Memijat dapat juga dilakukan dengan menggunakan bola tenis, caranya dengan melakukan gerakan memutar pada tulang belakang dan punggung bagian bawah. cara memijat seperti ini akan memberikan efek rileks pada ibu hamil.


Sifat paranoid terhadap sesuatu dapat menambah rasa nyeri saat anda sedang kontraksi, Oleh karena itu kita bisa membisikan pada diri sendiri tentang hal-hal yang positif. misalnya seperti, Membisikan bahwa melahirkan adalah sesuatu yang alamiah yang akan dialami oleh para wanita dan bisikan bahwa semua masalah pasti akan ada jalan keluarnya. Bila motivasi yang dibagun dari dalam diri sendiri begitu kuat maka sifat paranoid anda akan terkikis, selain itu bila dirasa perlu anda juga bisa menceritakan semua yang mengganjal di hati selama bisa membuat anda lega.


Hormon oksitosin adalah hormon pada manusia yang berfungsi untuk merangsang kontraksi yang kuat pada dinding rahim (uterus) sehingga mempermudah dalam membantu proses kelahiran. Hormon ini juga bermanfaat untuk mengurangi rasa cemas dan stress, menciptakan perasaan nyaman, gairah, empati, ikatan dan seksualitas. Ketika suami memijat anda atau ketika anda merasa nyaman dan aman pada suatu keadaan maka hormon ini akan muncul dengan sendirinya, tetapi ketika anda merasa ketakutan yang berlebihan kinerja dari hormon ini juga akan terhambat. Untuk itu yang harus anda lakukan adalah membuat lingkungan disekitar anda menjadi nyaman dengan cara memikirkan hal-hal yang menyenangkan agar hormon oksitosin bisa muncul saat anda sedang melahirkan.

Selain ketujuh tips diatas, "Tips Meredakan Rasa  Nyeri Saat Kontraksi" yang wajib diperhatikan adalah banyak istirahat, menjaga asupan gizi seimbang dengan memperbanyak makan buah dan sayuran, perbanyak minum air putih, lakukan olahraga ringan yang teratur agar badan menjadi bugar dan sehat serta memperlancar peredaran darah, serta hindari stres berkepanjangan. Dan jangan lupa untuk terus memeriksakan kandungan Anda pada dokter kandungan serta pemeriksaan kardiotografi (CTG) secara teratur. Demikianlah artikel "Tips Meredakan Rasa  Nyeri Saat Kontraksi" dibuat, semoga bermanfaat buat anda semua.


Anda sedang hamil?? Pastikan anda dan janin anda sehat. Ikuti petunjuk dari ahlinya dokter Riyani Limoa, SpOG.

PAKET IBU HAMIL dari dr. Riyani Limoa, SpOG terbukti berhasil membantu ibu-ibu hamil untuk menjalani kehamilan yang sehat dan mengurangi resiko cacat pada janin.

Dalam Paket Ibu Hamil ini Anda akan mendapatkan:

- Buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG
- Satu sabuk pelindung perut ibu hamil
- 30 tablet Afolat 400 mcg

Harga Paket Ibu Hamil hanya Rp 159.000

Silahkan pesan sekarang karena persediaan terbatas.
Info Selengkapnya »»



SILAHKAN DI SHARE ARTIKEL INI



2 komentar:

  1. ilmu yang bagus untuk saya sebagai awal persiapan hamil, karena sebentar lagi mau nikah. hehe
    kalo membedakan rasa nyeri saat hamil yang sebenarnya sama yang palsu gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya saya ucapkan selamat buat mba Defa yang sebentar lagi akan melangsungkan pernikahan :) ....untuk menbedakannya, kontraksi palsu itu tanpa rasa sakit, sedangkan kontraksi ang ASLI itu disertai rasa sakit atau nyeri....trimakasih, semoga bermanfaat....

      Hapus